Bucketlist Tanaman Interior Favorit 2019

Manusia memiliki kecenderungan untuk dekat dengan alam. Sedekat mungkin, sehingga secara alami kita suka mendengar kicauan burung, gemericik air, dan menikmati tanaman dalam ruang. Namun, menyimpan tanaman asli di dalam ruangan sering kali memerlukan perhatian ekstra: penyiraman, pemupukan, pemindahan berkala, dan penjemuran rutin. Perawatan  ini wajib dan tidak terhindarkan, sama seperti ketika kita memiliki hewan peliharaan. Tanaman yang kering dan rusak akibat kelalaian kita adalah tindak kriminal di dunia pertamanan. Jadi, Makers, berencanalah dengan penuh tanggungjawab sebelum memutuskan untuk mengadopsi tanaman-tanaman baru ya!

nadiya rahmah tanaman interior 2018

Berikut ini adalah tanaman populer yang cocok untuk ditempatkan dalam ruangan karena mereka membutuhkan sedikit cahaya matahari, kelembaban tinggi, dan udara yang hangat. Kita mencoba sedikit berpikir ke depan dengan membuat bucketlist 2019. Please enjoy:

Spider Plants / Lili Paris (Chloropythum comosum).

nadiya rahmah spider plants 2018

Tanaman ini cocok untuk digantung di depan jendela ataupun di langit-langit. Pertumbuhannya dengan rizhoma. Tunas-tunas kecil yang menggantung pada ujung daunnya terlihat seperti laba-laba loncat, atau seperti bunga-bunga kecil berwarna sama dengan daunnya. Tunas ini mudah dipindahkan ke pot baru untuk dibudidayakan. Spider plant termasuk yang sangat mudah perawatannya, namun tetap memerlukan pupuk cair sekitar seminggu sekali.

Neon Pothos (Epipremnum aureum)

nadiya rahmah neon pothos 2018

Tanaman ini berwarna segar dengan hijau muda terang kekuningan. Berbeda dengan tanaman lain yang kebanyakan berdaun gelap, Neon Pothos memberikan kesan cerah pada ruangan. Tanaman ini cocok ditempatkan di ruang keluarga, ruang tamu, ataupun ruang makan. Keberadaannya juga memberikan kesan bersih yang menyenangkan.

Golden Pothos

nadiya rahmah golden pothos 2018

Golden pothos adalah tanaman yang cocok ditempatkan dalam pot gantung, tertutama dengan daun-daunnya yang menjuntai. Tanaman ini berdaun hijau dan berbatang seperti ivy atau kangkung (?), termasuk mudah perawatannya dan dapat tumbuh di tempat teduh. Tanaman ini memerlukan cukup air dan kelembaban tinggi.

Snake Plant

nadiya rahmah spider plants 2018

Snake plant termasuk yang paling sering dijumpai di rumah-rumah di Indonesia. Tanaman ini sangat mudah tumbuh dan hanya memerlukan perawatan minimum. Bentuk daunnya yang lurus memanjang dengan corak gurat melintang persis seperti corak kulit ular, menyebabkan tanaman ini disebut Snake Plant. Tanaman ini membutuhkan air dalam kadar sedang dan dapat tumbuh di tempat teduh.

Bromeliads

nadiya rahmah bromeliads 2018

Bromeliads atau Bromeliaceae adalah kelompok tanaman rerumputan yang berwarna cerah sehingga nampak seperti bunga. Tanaman ini memberikan warna-warna hijau kemerahan, merah keunguan, ataupun hijau kekuningan. Tanamn jenis ini memerlukan pemupukan sebanyak 1 kali setiap bulannya, dan pemindahan pot 1 kali setahun. Bromelia dapat ditanam pada area teduh dan lembab, sangat cocok untuk disimpan dalam ruangan.

Tillandsias

nadiya rahmah tillandsia 2018

Tillandsia atau Air Plant adalah tanaman yang cocok dikreasikan dalam herbarium ataupun kreasi tanaman hias lainnya, sebab jenis tertentu tidak membutuhkan media apapun untuk tumbuh. Kita bisa menaruh tanaman ini di atas piring kaca dan tanaman ini tetap tumbuh. Tanaman ini juga bisa ditempelkan pada dinding, digantung di langit-langit, bahkan langsung ditempelkan pada kaca ataupun cermin. Menginspirasi sekali, bukan?

Peperomia Orba

nadiya rahmah peperomia orba 2018

Peperomia atau yang disebut dengan pepper elder atau elder proest adalah tanaman yang tumbuh di tempat teduh serta lembab. Warna daunnya ada yang hijau tua disertai corak putih ataupun hijau muda seperti Neon Pothos, namun umumnya daunnya berbentuk membulat. Tanaman ini dapat diperbanyak dengan stek batang atau anakan, kemudian dirawat dengan pemupukan cair satu kali sebulan dan pemindahan pot secara insidental.

Philodendron / Daun Pilo

nadiya rahmah philodendron 2018

Philodendron adalah tanaman berdaun unik seperti halnya Monstera yang populer tahun 2016 lalu. Warnanya beragam dari hijau muda, hijau tua, hingga kemerahan. Tanaman ini perlu diberi pupuk setiap tiga bulan sekali dan dipangkas secara berkala. Dapat di tanam di dalam ataupun di luar rumah, namun memerlukan banyak air untuk tumbuh. Daun Pilo yang rimbun ini sangat cocok untuk mengisi ruang pada taman. Proses budidayanya adalah dengan stek batang.


Demikian daftar bucketlist kami untuk tahun depan. Silakan beri komentar bila ada tanaman interior lain yang menarik hati Makers sekalian pada kolom komentar di bawah ya. -diyfab-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *