Mengenal Tembikar #02 : The Right Tool

Setelah mempelajari jenis-jenis tanah liat yang dapat dijadikan bahan dasar untuk membuat tembikar, sekarang waktunya untuk mengetahui alat apa saja yang dibutuhkan untuk mengolah tanah liat tersebut. Secara umum, tanah liat melewati 3 proses penting dalam pengolahannya. Proses tersebut adalah pembentukan dan pembakaran. Karena itu, akan lebih mudah jika pembahasan mengenai alat untuk mengolah tanah liat ini dibagi berdasarkan proses tersebut.

Proses Pembentukan

Dalam bagian ketiga, kita akan membahas mengenai teknik dalam membentuk tanah liat. Namun pada artikel kali ini, kita akan membahas alatnya terlebih dahulu. Beberapa alat yang dapat digunakan dalam proses pembentukan tanah liat adalah :

pottery wheel, meskipun tanah liat dapat dibentuk dengan menggunakan tangan, tanah liat juga dapat digunakan dengan menggunakan alat yang bernama pottery wheel. Alat ini dapat mempercepat proses pembentukan tanah liat dan ada yang dioperasikan dengan menggunakan kaki (kickwheel) maupun listrik.

wire clay cutter, digunakan untuk memotong tanah liat. Pemotong ini terbuat dari kawat yang ujungnya diberi pegangan dari kayu.

fettling knives, merupakan alat berbentuk mirip pisau dengan bilah yang tipis. Bilahnya ada yang kaku dan ada juga yang dapat ditekuk. Fungsinya adalah untuk menghaluskan area sambungan pada tanah liat yang dibentuk (misalnya gelas dengan pegangan gelasnya) dan untuk mengikis tanah liat yang sedang dibentuk.

ribs, alat yang terbuat dari kayu atau karet dan dapat digunakan untuk membentuk dan menghaluskan tanah liat yang sedang dibentuk pada potter wheel.

loop, wire, dan ribbon tools, adalah alat yang digunakan untuk tembikar yang dibentuk dengan menggunakan tangan (hand-thrown). Alat-alat ini digunakan untuk mengikis atau merapikan bentuk tanah liat.

sponsdigunakan untuk menyerap atau memberi air pada tanah liat saat sedang dibentuk. Beberapa material spons yang digunakan adalah sebagai berikut :

  • Spons Selulosa. Spons yang digunakan untuk mencuci piring. Mudah tercabik dan menempel pada tanah liat jika digunakan dalam keadaan basah, dan mudah rusak jika digunakan untuk mengeringkan bisqueware (tembikar yang baru mengalami 1x pembakaran). Spons jenis ini tetap bisa digunakan untuk membersihkan tanah liat.
  • Spons polyester. Spons jenis ini lembut, mudah menyerap, tahan terhadap bahan kimia dan lemak. Namun jenis ini tidak dapat digunakan pada pembentukan tembikar karena mudah tercabik.
  • Spons PVA. Spons jenis ini memiliki tingkat penyerapan tinggi dan tahan lama.
  • Seawool sponges. Merupakan spons dengan tingkat penyerapan tinggi dan tidak mudah tercabik. Spons jenis ini juga ramah lingkungan. Dalam pembentukan tembikar, spons ini digunakan untuk menyerap air dari bagian dalam tembikar (jika berbentuk wadah) dan untuk mengaplikasikan glazing pada bisqueware.
  • Elephant ear sponges. Merupakan spons alami yang digunakan untuk mengontrol kandungan air pada tanah liat saat membentuk tembikar dan untuk menghilangkan debu pada bisqueware sebelum diberi glazing.
  • Silk sponges. Spons jenis ini mirip dengan seawool sponges dan digunakan untuk mengaplikasikan glazing pada bisqueware.

Proses Pembakaran

Sebelumnya, kita telah mengetahui bahwa suhu terendah dalam pembakaran tanah liat untuk menjadikannya tembikar adalah 950°C. Nah, alat yang digunakan untuk membakar tanah liat yang telah dibentuk atau telah diberi glazing disebut kiln.

Pada dasarnya, kiln adalah sebuah ruang yang bagian dalamnya dipanaskan hingga suhu tertentu agar dapat terjadi proses tertentu seperti pengeringan atau proses kimiawi, pada objek di dalamnya. Pada proses pembuatan tembikar, tanah liat mengalami 2 kali proses pembakaran, yaitu bisque firing (menyiapkan tembikar untuk proses glazing) dan glaze firing (menyatukan material glazing dengan tembikar). Beberapa jenis kiln berdasarkan bahan bakarnya adalah kiln dengan bahan bakar kayu, gas (gas alam atau propana) dan listrik.

 

Sumber :

https://www.thesprucecrafts.com/survey-of-basic-pottery-tools-2746328

https://www.thesprucecrafts.com/types-of-pottery-sponges-2745812

https://www.thesprucecrafts.com/an-overview-of-the-firing-process-2746250

https://en.wikipedia.org/wiki/Kiln

https://en.wikipedia.org/wiki/Potter%27s_wheel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *