G009 – Voronoi

Produk yang dihasilkan dari manipulasi voronoi umumnya menarik perhatian. Bentuk yang unik bisa diperoleh secara instan, sehingga para peminat Grasshopper akan meluangkan waktu setidaknya sekali dalam hidupnya untuk mencoba komponen ini. Sekali mencoba, diikuti dengan berkali-kali latihan dan ribuan kali produksi. Apakah sobat makers sekalian pernah mendapat Voronoi Overdose Warning dari Grasshopper? Ha! Congrats ‘n welcome to the club!

Excessive use of Voronoi Diagrams has been associated with:
– Creative gland atrophy
– Lost of critical thought
– Confused or nonsensical speech
– An inability to get taken seriously
– A marked increase in pyrrhic victories
– Temporary euphoria followed by prolonged self-loathing
– Vitamin Clever deficiency
– Blurry artistic vision.
“Ask your supervisor if voronoi is right for you.” – Grasshopper Voronoi Overdose Warning

Diagram Voronoi adalah salah satu dasar dari computational geometry. Diagram ini memperlihatkan suatu titik yang dikelilingi oleh dinding pembatas, di mana dinding pembatas tersebut berada di tengah-tengah jarak antara ia dan titik lainnya, dan dinding tersebut tegak lurus terhadap jarak. Dinding pembatas sebuah titik pasti bersinggungan dengan dinding dari titik-titik di sekitarnya. Aurenhammer (1994) mengaitkan voronoi dengan masa Descartes abad ke-17, ketika Descartes berteori bahwa tata surya tersusun oleh vórtices, di mana benda-benda angkasa bagaikan titik-titik yang mengisi ruang cembung di sekitar suatu bintang. Wallahua’lam.

Diagram Voronoi yang beredar dalam fabrikasi digital, erat kaitannya dengan Delaunay Triangulation, pengembangan dari tulisan awal oleh seorang bernama Voronoi menjadi definisi matematika yang dikembangkan Delaunay seperti yang kita kenal sekarang. Untuk membuat voronoi secara manual sangat mudah. (1) buat titik-titik secara random di atas kertas; (2) buat garis lurus yang menghubungkan 2 titik, selanjutnya disebut JARAK; (3) buat garis tegak lurus tepat di tengah-tengah jarak, selanjutnya disebut DINDING; (4) ulangi pembuatan jarak dan dinding terhadap titik-titik lain yang mengitari titik pusat, irisan dinding-dinding akan membentuk ruang di sekitar titik pusat yang disebut SEL.

Dalam grasshopper sangat mudah untuk membuat diagram voronoi. Parameter data yang diperlukan hanya kumpulan titik, interger, dan terkadang pembatas berupa persegi panjang dan bangun ruang. Teknik manipulasi voronoi ada berbagai macam. Kita bisa membuat ‘bubble’ dengan progressif scaling menggunakan attractor point, kita juga bisa memainkan ketebalan dinding pembatas, bisa juga menggunakan pathway untuk menghapus sel-sel yang tidak diinginkan.

Voronoi bisa sangat membantu desainer untuk menghasilkan rancangan yang artistik. Namun, tidak semua penampakkan voronoi bisa menyenangkan mata, bukan? Voronoi (atau pola kulit nangka, kita sebut) bisa indah tergantung gubahan dan penempatannya. Seperti corak bunga-bunga pada fashion dan interior zaman Rococo, misalnya. Tidak melulu penempatan yang sembarangan, bertabrakan, dan ada di mana-mana bisa terlihat indah. Oleh karena itu, peringatan overdosis voronoi dari Grasshopper ini cukup masuk akal. Penggunaan voronoi sebagai kartu kojo bisa membuat kita malas melakukan eksplorasi terhadap definisi dan komponen lainnya. Kemudian kita pun terjebak dengan ramainya kreasi voronoi dan tanpa sadar menumpulkan kreativitas diri. Be wise, makers!

Berikut adalah contoh manipulasi voronoi dan attractor point, kami aplikasikan pada beberapa jenis produk. (maaf,update menyusul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − four =