5 Website Halal-Art dan Halal-Design yang Paling Menginspirasi

Bagi pecinta komposisi dan geometri, dunia seni peninggalan Islam adalah suatu khazanah yang memukau. Keindahan geometri-geometri islam yang bersambung satu sama lain, yang tersusun dari hirarki-hirarki matematis dan pecahan-pecahan surgawi bagaikan keindahan yang tak putus-putus. MasyaAllah.

Sebagai seorang muslim, tentunya dunia sebebas dunia seni pun memiliki batas-batas tertentu, yakni batas halal dan haram. Tidak semua karya seni itu halal. Karya seni yang memuat gambar makhluk bernyawa, contohnya, adalah seni yang dibenci Rasulullah SAW, yang sangat mengganggu beliau ketika beliau hendak shalat. Karya seni yang berisi kata-kata syirik, kata kasar, dan kata-kata jorok juga sangat dibenci dan sangat dilarang. Begitupula karya seni yang mempromosikan dukungan kepada yang memusuhi ataupun mengabaikan ajaran Islam, seperti mempromosikan busana yang tidak menutup aurat, mempromosikan gaya hidup non-muslim, makanan-minuman haram, dan sebagainya.

Dalam penelusuran di dunia maya beberapa tahun belakangan ini, saya menemukan beberapa website menarik seputar karya seni halal, atau yang layak disebut sebagai Islamic Art. Berikut beberapa di antaranya yang paling menginspirasi:

  • Ayeina.com
www.ayeina.com

Website ini adalah hasil karya dua orang ibu rumah tangga yang tinggal di dua negara berbeda. Ayesha dan Samina menghasilkan karya cat air dengan tema “Alhamdulillah for…” sejak tahun 2015, yang kemudian dibagikan melalui media publikasi akun Instagram @ayeina_official. Setiap postingan hal-hal yang disyukuri ini mendapat sambutan hangat dari pengguna muslim di seluruh dunia. Karya AyeIna mengajarkan kita semua untuk mensyukuri banyak hal dalam hidup kita, mulai dari hal kecil hingga hal besar. Presentasi syukur dalam bentuk seni cat air telah membuat Instagram AyeIna sangat berwarna. Skill / keahlian cat air dalam karya mereka pun nampak meningkat secara dramatis dalam perjalanan posting akun Instagram. Kini website ini menjual printables art, ebook, muslim planner, printed book, serta menyelenggarakan kontes seni maupun kontes caption “Alhamdulillah for…” secara berkala.

  • Muhamedzakariya.com
www.mohamedzakariya.com

Mohamed Zakariya Hoca dibesarkan di California Selatan. Ia mempelajari kaligrafi dari Hasan Celebi, seorang kaligrafer terkemuka Turki, yang mempelajari seni kaligrafi secara turun-temurun. Selain menghasilkan karya seni, Muhamed Zakariya juga menjadi resident artis dan kurator di banyak tempat. Salah satu karyanya adalah desain prangko Amerika Serikat serial khusus iedul fitri.

  • Azizaiqbal.com
www.azizaiqbal.com

Karya Aziza Iqbal didominasi oleh geometri seni Islami, mozaik, pola tanaman, dan warna-warna neon. Beberapa produknya merupakan komisi Museum Qatar dan hotel-hotel berbintang, juga diterapkan untuk kemasan coklat eksklusif, atau dijual sebagai grafis. Aziza iqbal adalah warga keturunan India yang kerdomisili di Qatar. Ia memperoleh pendidikan seni Islam di UK.

  • Lifeofmyheart.com.au
www.lifeofmyheart.com.au

Maryam adalah photographer berbakat sekaligus master lettering yang berbasis di Australia. Sebagian besar dari kaligrafinya (lettering) diambil dari terjemahan Al-Qur’anul Karim. Sekalipun lettering termasuk popular belakangan ini, karya Maryam sangat unik dan spesial. Komposisi dan proporsi hurufnya, serta lengkung garisnya merupakan karya seni tersendiri. Karya Maryam umumnya didominasi warna pastel dan warna-warna cerah.

  • Salehaart.com
www.salehaart.com

Saleha berbasis di Toronto, Cananda. Karya-karyanya bergaya ‘bold’ umumnya didominasi warna gelap dan modern. Saleha lebih menganggap dirinya sebagai story-teller daripada seorang artis. Tugasnya sebagai seorang story-teller adalah menyampaikan pesan, nasihat, dan nilai-nilai Islam ke dalam rumah-rumah Muslim d seluruh dunia.


Stunning, aren’t they? 🙂