Posted on Leave a comment

Solusi Keyboard Error (Salah Huruf) karena Malware, Lenovo

Apakah teman-teman pernah mengalami keyboard error sehingga huruf yang tertekan saat memencet tombol keyboard tertentu bukan huruf yang seharusnya? Misal saat mengetik [spacebar] yang muncul justru [/bn] atau saat mengetik [enter] yang muncul [zxc]. Sangat mengganggu pekerjaan bukan? Bila hal itu terjadi, jangan buru-buru membeli keyboard baru! Bisa jadi penyebabnya bukan pada kerusakan hardware melainkan pada software dan pengaturan komputer Anda. Terdapat beberapa cara untuk memperbaikinya. Jika cara yang satu belum berhasil, cobalah cara lainnya.

1. Pengecekan Kebersihan Tombol Keyboard.

Bagi pengguna laptop Lenovo Thinkpad, mungkin Anda sudah pernah beberapa kali melakukan bongkar pasang tombol keyboard untuk membersihkannya. Jadi tidak perlu lagi ada tutorial bongkar pasang keyboard. Bagi yang belum pernah melepas keys (tombol), bisa meluncur ke youtube dan mengetik ‘how to safely remove keys of keyboard Lenovo Thinkpad’. Bila belum berani, bisa dibersihkan menggunakan vacuum cleaner ataupun blower debu. Setelah dibersihkan, cek kembali apakah tombol yang bermasalah itu sudah berfungsi dengan baik. Jika belum juga, nyalakan On Screen Keyboard untuk memeriksa apa saja kesalahan ketik yang terjadi, atau langsung melangkah ke perbaikan pengaturan Bahasa dan pengecekan malware.

Cara membuka On Screen Keyboard adalah klik tombol Search disebelah tombol Start pada pojok kiri bawah layar, kemudian ketik On Screen Keyboard. Jika tidak bisa mengetik, bisa copy paste tulisan “on screen keyboard” dari artikel ini lalu enter, atau sementara bisa juga klik icon Touch Keyboard di sudut kanan bawah layar. Touch Keyboard dan On Screen Keyboard adalah dua program berbeda. Pada On Screen Keyboard kita bisa melihat perilaku anomali hardware keyboard kita, karena bila terpencet beberapa tombol bersamaan akan terlihat di layar tombol-tombol berwarna hijau.

2. Pengaturan Bahasa.

Di sudut kanan bawah layar, di sebelah jam, umumnya ada icon bertuliskan ENG, yakni singkatan dari English. Klik kiri pada tombol tersebut lalu klik ‘Language preferences’. Cobalah mengubah Windows Display Language dari English US ke English UK atau sebaliknya, lalu restart laptop Anda. Lantas bagaimana apabila ternyata keyboard masih bermasalah lalu kita terkunci tidak bisa Log in karena tidak bisa mengetik password? Pada sudut kanan bawah layar Log In Windows 10 terdapat tombol Ease of Access. Klik tombol tersebut lalu nyalakan On Screen Keyboard. Klik huruf-huruf sesuai password Anda dan klik enter.

3. Troubleshoot Keyboard dan Windows Update.

Klik Search lalu ketik Troubleshoot Settings (jangan lupa, Anda bisa copy paste dari artikel ini atau gunakan On Screen Keyboard). Scroll Down dan klik Keyboard lalu klik ‘Run the troubleshooted’. Tunggu prosesnya, jika ternyata troubleshooter tidak menemukan problem, klik Close. Masih di halaman Setting tersebut, pada sidebar kita bisa menemukan tulisan ‘Windows Update’. Klik tombol tersebut, lalu klik check for update. Jika ada update yang tersedia, lakukan update dan restart komputer kembali. Periksa apakah keyboard sudah berfungsi, jika masih bemasalah lakukan pengecekan malware.

4. Pengecekan Malware

Klik Search lalu ketik Command Prompt, lalu jalankan sebagai admin dengan klik Run as Administrator. Kemudian ketik sfc /scannow dan tekan Enter. Tunggu hingga proses selesai. Jika ditemukan problem dan system file checker tidak bisa memperbaikinya, maka buka jendela Command Prompt yang baru (caranya sama ya) dan ketik DISM.exe/Online /Cleanup-image /Restorehealth lalu tekan Enter. Setelah selesai lakukan lagi sfc /scannow pemeriksaan integritas.

5. Bawa ke IT Help Desk, atau service professional.

Jika semua cara di atas belum juga memecahkan problem keyboard yang bermasalah, maka selanjutnya bawa ke ahli komputer hardware dan software yang Anda pecayai. Bisa ke pusat IT kampus atau kantor, ke pusat IT perusahaan, atau ke jasa servis berbayar. Setelah konsultasi dengan para ahli, baru bisa diputuskan apakah Anda sebaiknya membeli keyboard baru atau tidak.

Terakhir, jangan lupa juga untuk menjaga kesehatan motherboard, yaitu dengan selalu menggunakan pendingin atau kipas, juga memastikan laptop sudah di-shut-down dengan sempurna sebelum ditinggalkan.

Please Login to Comment.

3 × five =