Posted on Leave a comment

Online Tool for Makers, Akselerasi Belajar untuk Para Makers

Halo Sobat Makers! Kali ini Diyfab akan membagikan referensi belajar online yang bisa membantu kita semua lebih jago dalam hal bebikinan. Sudah mejadi kelaziman, ketika kita membuat sesuatu, kita harus sekaligus belajar banyak hal. Seringkali multi-disiplin. Kolaborasi lintas disiplin ketika membuat tim juga memerlukan dasar-dasar pengetahuan akan masing-masing disiplin yang akan kita libatkan. Banyak hal yang bisa kita pelajari asalkan kita memiliki niat yang benar dan bersungguh-sungguh. Berikut beberapa tool/alat yang bisa kamu gunakan untuk belajar.

1. Github.com.

Tidak hanya untuk belajar soal desain parametrik dan modelling menggunakan software seperti grasshopper, github juga menjadi tempat yang kondusif untuk belajar berbagai plugin, up-to-date dengan perkembangan software baru, belajar web design, hingga membuat aneka software/plugin sendiri.

2. w3school.com

Siapa sih yang tidak berhubungan dengan aplikasi dan web di dunia internet-of-things ini? Semua industri pasti berhubungan dengan dunia maya. W3school.com adalah tempat kita mempelajari serba-serbi CSS (Cascading Style Sheets) serta dasar-dasar istilah HTML. Sangat berguna untuk yang sedang memodifikasi layout blog atau website. Dalam web ini kita bisa langsung melihat efek dari perubahan kata-kata / parameter pada CSS kita. Misalnya mengganti ukuran huruf, mengatur margin, membuat adaptive layout, dan sebagainya. Web ini sangat berguna untuk memperkenalkan definisi-defini dalam CSS kepada pemula.

3. Thingiverse

Nah, thingiverse yang dibuat oleh makerbot ini adalah gudangnya model-model 3d yang bisa kita print dengan 3d printer. Mulai dari model sederhana seperti baut, mur, dan engsel, hingga mini-lathe untuk memudahkan kamu membuat gelas mini. Thingiverse wajib dikunjungi oleh pegiat 3d printing pemula.

4. Instructables

Siapa yang bisa melewatkan aneka petunjuk pembuatan sesuatu yang dilakukan oleh para makers di seluruh dunia? Mulai dari membuat 3d pop art hingga membuat ball-mill dan transparent-wood ada di dalamnya. Jangan lewatkan kesempatan untuk menambah ‘perpustakaan’mu dengan info-info bermanfaat dan hasil eksperimen orang lain di sana.

5. Windows Power Toys

Tool yang satu ini bukan website, tetapi software tambahan yang bisa didownload langsung dari websitenya Microsoft. Kegunaannya terutama untuk editing foto secara masal, misalnya resize, compress, dan rename. Hal ini sangat memudahkan content creator yang mempublikasi konten-nya di berbagai platform. Selain itu juga ada fitur-fitur shortcut di dalamnya, seperti command khusus untuk mute audio dan video pada saat konferensi daring.

6. Sketchup 3d warehouse

Model SketchUp yang tersedia dalam 3D Warehouse ini sangat memudahkan para makers untuk membuat layout, animasi, dan montase untuk memvisualisasikan konsep. Banyak juga model yang bisa dimodifikasi, remix, atau dikombinasikan untuk mendapat kreasi baru. Setiap model memiliki ketentuan copyright yang dicantumkan oleh creator-nya, sama seperti model-model pada Thingiverse dan font-font di Dafont, misalnya.

7. Pixabay dan Biteable

Keduanya adalah contoh website yang menyediakan stock video untuk para kreator yang mem-visualisasikan gagasan lewat video.

8. Adobe Audition Sound Effect

Web ini menyediakan aneka sound effect untuk keperluan editing kamu.

9. Udemy and Skillshare

Kumpulan kursus online yang bisa membantu kamu menguasai suatu skill.

10. stock.adobe

Siapapun yang sering membuat poster dan konten gambar tentunya tahu stock.adobe. Website ini berisi kumpulan gambar-gambar high resolution yang bisa kita gunakan untuk membuat montase, membuat texture, editing background, dan sebagainya.

Selamat meng-eksplorasi!

Please Login to Comment.

eighteen + three =