Posted on Leave a comment

Seri Urban Farming – Vermikompos: Alternatif Pembuatan Kompos Kaya Manfaat dengan Cacing Tanah

Cacing tanah yang terlalu melimpah dalam media tanam justru dapat menyebabkan akar tanaman ‘ikut termakan’. Oleh karena itu, kelebihan populasi cacing tanah pun sering dianggap sebagai serangan hama. Namun ternyata kelebihan cacing tanah itu bisa dimanfaatkan untuk membuat vermikompos. Vermikompos adalah proses biooksidasi dan stabilisasi unsur organik yang melibatkan hewan cacing tanah dan mikroorganisme mesophilic. Proses vermikompos dapat mengurangi volume sampah organik dari 40% hingga 60% dalam waktu yang relatif singkat. Sampah organik yang telah diproses menjadi kompos pun akan mengandung berbagai enzym, unsur hara makro, serta unsur hara mikro yang dibutuhkan oleh tanaman.
Bagaimana proses pembuatan vermikompos?

Kita bisa menggunakan sebuah kotak kayu berukuran 45 x 30 x 45 cm (alternatifnya bisa juga dengan kotak keramik atau kotak container plastik yang diberi lubang drainase yang cukup). Letakkan selembar plastik yang diberi lubang-lubang kecil di dasar kotak, lalu lapisi dengan 3 cm tanah dan 5 cm serat kelapa (cocopeat) . Selanjutnya isi dengan lapisan tipis kompos berisi cacing. 250 ekor cacing cukup sebagai kultur awal. Setelah itu sampah organik rumah tangga ditambahkan ke dalam kotak setiap hari. Tutup kotak diberi pelapis karung goni agar ruang dalam box mendapat cahaya redup. Ketika box sudah penuh, box harus didiamkan selama 1 minggu. Kemudian sebelum pemanenan, box disimpan di tempat yang tersinari cahaya selama dua hingga tiga jam agar cacing berpindah ke bagian bawah box. Setelahnya barulah lakukan pemanenan kompos. (Adhikary, 2012)

Vermikompos terkadang mengandung bakteri pathogen, terutama yang diolah dari bahan organik tertentu seperti kotoran hewan. Untuk skala industri, vermikompos perlu melalui satu proses sterilisasi dengan pemanasan. Di berbagai negara ada juga sistem vermikompos yang menggunakan proses continuous flow, sehingga kultur bisa terus dipanen secara berkala berikut pula hasil komposnya.

Manfaat Vermikompos:

(1) Meningkatkan persentase humus dalam tanaman, meningkatkan aerasi media tanaman dan kemampuan media menyimpan air. (Adhikary, 2012)
(2) Menyediakan nutrisi siap pakai yang sangat dibutuhkan tanaman seperti Nitrogen (N), Phosphorus (P), Kalium (K), Kalsium (Ca), Magnesium (Mg) Sulfphur (S), Zat Besi, Zinc, Copper, Vitamin D dan Vitamin B (Garg. Gupta, 2009 dalam Olle, 2019; Joshi et al, 2015).
(3) Mengandung berbagai enzyme yang memudahkan proses dekomposisi bahan organik, yatu enzym protease, amylase, lipase, cellulose, chitinase, dan gut microflora. (Olle, 2019)
(4) Meningkatkan unsur hara dalam tanah, memberbaiki struktur tanah dan pencegahan erosi (Sinha, 2014)
(5) Mengurangi penggunaan insektisida untuk hama seperti kutu daun (Myzus persicae), kutu putih (Pseudococcus spp.) dan ulat putih pada kubis (Peiris brassicae) (Adhikary, 2012)
(6) Meningkatkan daya tumbuh dan jumlah panen tanaman (Belliturk, 2018; Olle, 2019; Adhikary, 2012).

Untuk skala rumah tangga perlu diperhatikan pemilihan bahan kotak yang digunakan, juga penempatan box vermikompos agar tidak mencemari lingkungan. Spesies cacing yang bisa digunakan untuk vermikompos di antaranya: Eisenia fetida, Eisenia andrei, Dendrobaena venata, dan Lumbricus rubellus. Sebaiknya tidak membuat kotak vermikompos yang terlalu tinggi (maksimal 60 cm), karena cacing tanah termasuk hewan permukaan yang bekerja pada lapisan teratas tanah, yaitu 15 hingga 20 cm dari permukaan.

Dengan banyaknya manfaat vermikompos ini, maka tidak heran budidaya cacing dan vermikompos sempat booming ya. Yuk kita coba membuat vermikompos sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Sumber:

Adhikary, S. (2012). Vermicompost, the story of organic gold: A review.
Olle, M. (2019). vermicompost, its importance and benefit in agriculture.
Bellitürk, K. (2018). Vermicomposting in Turkey: Challenges and opportunities in future. Eurasian Journal of Forest Science, 6(4), 32-41.

————————————————–

Wallahua’lam

————————————————–

Please Login to Comment.

four × five =