Posted on

Material M015 – Bio-Cement, Bio-Grout, dan Bio-Aggregate; Perjalanan Mencari Alternatif Bahan Bangunan Ramah Lingkungan

Hunian adalah kebutuhan primer manusia. Kita bisa menduga, bahwa material penyusun hunian adalah salah satu bentuk ‘engineering’ perintis yang dibuat manusia. Seiring kesadaran dan kepedulian manusia terhadap kelestarian lingkungan, muncul penelitian dan eksperimen rekayasa untuk menghasilkan bahan bangunan yang sesedikit mungkin memberikan dampak negatif kepada lingkungan. Salah satu jalur penelitian ini membawa kita pada istilah “Biomaterial”. Istilah ini berkembang terutama di dunia medis, dalam rangka menghasilkan bahan-bahan implant, obat, dan scaffold jaringan yang tidak membahayakan tubuh. Namun istilah ini juga berkembang ke bidang-bidang lainnya, termasuk dunia konstruksi.

Continue reading Material M015 – Bio-Cement, Bio-Grout, dan Bio-Aggregate; Perjalanan Mencari Alternatif Bahan Bangunan Ramah Lingkungan
Posted on

5 Website Halal-Art dan Halal-Design yang Paling Menginspirasi

Bagi pecinta komposisi dan geometri, dunia seni peninggalan Islam adalah suatu khazanah yang memukau. Keindahan geometri-geometri islam yang bersambung satu sama lain, yang tersusun dari hirarki-hirarki matematis dan pecahan-pecahan surgawi bagaikan keindahan yang tak putus-putus. MasyaAllah.

Sebagai seorang muslim, tentunya dunia sebebas dunia seni pun memiliki batas-batas tertentu, yakni batas halal dan haram. Tidak semua karya seni itu halal. Karya seni yang memuat gambar makhluk bernyawa, contohnya, adalah seni yang dibenci Rasulullah SAW, yang sangat mengganggu beliau ketika beliau hendak shalat. Karya seni yang berisi kata-kata syirik, kata kasar, dan kata-kata jorok juga sangat dibenci dan sangat dilarang. Begitupula karya seni yang mempromosikan dukungan kepada yang memusuhi ataupun mengabaikan ajaran Islam, seperti mempromosikan busana yang tidak menutup aurat, mempromosikan gaya hidup non-muslim, makanan-minuman haram, dan sebagainya.

Continue reading 5 Website Halal-Art dan Halal-Design yang Paling Menginspirasi
Posted on

Strategi Retrofit (Pasca-Konstruksi) untuk Mengatasi Panasnya Dinding Barat dan Utara

Kita yang berada di bawah garis khatulistiwa tentunya sadar bahwa sumber panas terbesar kita, matahari, sangat dominan dari arah Barat dan Utara. Biasanya dinding di sisi Barat dan Utara pada siang hari akan mulai terasa hangat, kemudian semakin hangat di sore hari, dan tetap hangat di malam hari sebelum menjadi dingin di pagi harinya. Fenomena semacam ini bisa diperhatikan di banyak rumah tinggal, gedung sekolah, perkantoran, masjid, dan bangunan komersial, terutama bila kesemua bangunan tersebut dibangun dengan bahan bata dan beton. Tentunya di daerah-daerah panas, kita mengharapkan bangunan kita memiliki temperatur yang sejuk agar dapat digunakan untuk beristirahat baik di siang hari maupun di malam hari. Panas berlebih yang dipancarkan dinding justru akan sangat mengganggu. Sebaliknya di daerah dingin, panas yang tersimpan dalam dinding dapat dimanfaatkan sebagai pemanas alami sesuai kebutuhan kenyamanan di daerah tersebut.

Continue reading Strategi Retrofit (Pasca-Konstruksi) untuk Mengatasi Panasnya Dinding Barat dan Utara
Posted on

Material M014 – Tegel

Setelah sebelumnya kita membahas mengenai terrazzo sebagai material yang dapat digunakan untuk melapis lantai, dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai tegel. Apa sih, tegel itu, dan apa ya bedanya dengan keramik? Katanya tegel itu material yang cocok digunakan di negara beriklim tropis, loh. Apa ya, kelebihannya? Kita cari tahu bersama-sama, ya.

Continue reading Material M014 – Tegel

Posted on

Material M013 – Terrazzo

Belakangan ini, terrazzo kembali populer sebagai material dalam dunia arsitektur. Material ini merupakan produk turunan dari mosaik marmer yang digunakan di Venice, Italia, di abad ke-16 sebagai material lantai di istana maupun di rumah-rumah. Melalui artikel ini, kita akan membahas mengenai sejarah terrazzo, cara pemasangan, hingga kelebihan dari material ini.

Continue reading Material M013 – Terrazzo

Posted on

G009 – Voronoi

Produk yang dihasilkan dari manipulasi voronoi umumnya menarik perhatian. Bentuk yang unik bisa diperoleh secara instan, sehingga para peminat Grasshopper akan meluangkan waktu setidaknya sekali dalam hidupnya untuk mencoba komponen ini. Sekali mencoba, diikuti dengan berkali-kali latihan dan ribuan kali produksi. Apakah sobat makers sekalian pernah mendapat Voronoi Overdose Warning dari Grasshopper? Ha! Congrats ‘n welcome to the club!
Continue reading G009 – Voronoi

Posted on

Diyfabshop di Tokopedia

Alhamdulillah, per Februari 2019 ini warung Diyfab di marketplace Tokopedia sudah meraih 4 Badge Silver, suatu pencapaian yang patut disyukuri dan dijadikan introspeksi: kok bisa ada yang sudah diamond ya? Bagaimana nih caranya? 🙂

Kami berusaha menambah produk yang bermanfaat dan memberikan pelayanan yang baik, semoga sobat makers sekalian terbantu ya dengan produk-produk yang kami sediakan. Terus dukung kreasi lokal baik di level hobbyist, B to B, B to C, hingga C to C. Semoga kita semua semakin maju dan semakin kuat!

Mana sih tokonya?
silakan kunjungi di www.tokopedia.com/diy-fab

Posted on

Nyaman dalam Ruang #5: Cahaya dan Manfaatnya pada Ruang

Jika sebelumnya kita sudah membicarakan mengenai suhu, suara, dan kualitas udara dan pengaruhnya pada kenyamanan dalam ruang, maka kali ini kita akan membahas mengenai cahaya. Keberadaan cahaya dalam ruang memudahkan kita untuk beraktivitas dalam ruang, karena dalam proses melihat kita membutuhkan keberadaan cahaya. Nah, yang akan dibahas dalam artikel ini adalah, cahaya seperti apa yang dapat memberikan kenyamanan bagi kita dalam beraktivitas di dalam ruang. Yuk, sama-sama kita cari tahu.

Continue reading Nyaman dalam Ruang #5: Cahaya dan Manfaatnya pada Ruang