Posted on Leave a comment

Grasshopper G012 – Data dan Manajemen Data (Part 2)

Sebelumnya kita sudah membahas perbedaan data volatil dan data persistent. Saat ini kita akan membahas contoh manajemen data-data volatil. Di antaranya: equality, similarity, larger, smaller, range, series, dan domain. Continue reading Grasshopper G012 – Data dan Manajemen Data (Part 2)

Posted on Leave a comment

Seri Urban Garden – Vermikompos: Alternatif Pembuatan Kompos Kaya Manfaat dengan Cacing Tanah

Cacing tanah yang terlalu melimpah dalam media tanam justru dapat menyebabkan akar tanaman ‘ikut termakan’. Oleh karena itu, kelebihan populasi cacing tanah pun sering dianggap sebagai serangan hama. Namun ternyata kelebihan cacing tanah itu bisa dimanfaatkan untuk membuat vermikompos. Vermikompos adalah proses biooksidasi dan stabilisasi unsur organik yang melibatkan hewan cacing tanah dan mikroorganisme mesophilic. Proses vermikompos dapat mengurangi volume sampah organik dari 40% hingga 60% dalam waktu yang relatif singkat. Sampah organik yang telah diproses menjadi kompos pun akan mengandung berbagai enzym, unsur hara makro, serta unsur hara mikro yang dibutuhkan oleh tanaman.
Bagaimana proses pembuatan vermikompos?
Continue reading Seri Urban Garden – Vermikompos: Alternatif Pembuatan Kompos Kaya Manfaat dengan Cacing Tanah

Posted on Leave a comment

Cara Membaca G-Code untuk Modifikasi Setting 3D Print, Laser, CNC

G-Code adalah script yang mengkomunikasikan kepada firmware apa-apa saja yang harus dilakukan oleh mesin. Misalnya, apakah steppernya harus menggerakkan koordinat extruder ke aksis X, Y, Z; apakah extruder harus mengeluarkan filament, apakah jarak antar layernya rapat atau renggang, apakah kipas harus dinyalakan, dan hal-hal lain semacam itu. G-Code memang ditulis dengan kode berawalan huruf G, itu sebabnya disebut G-Code. Untuk 3D printer, g-code juga berisikan m-code di dalamnya. M-code pada 3D Printer mengatur kerja motor extruder, filament release/retraction, kerja pemanas hot end, kerja cooler/kipas, dan pembacaan firmware.
Continue reading Cara Membaca G-Code untuk Modifikasi Setting 3D Print, Laser, CNC

Posted on Leave a comment

G011 – Kelompok Komponen Skalar dalam Grasshopper

Sebelumnya kita pernah membahas [Vector] dalam Grasshopper, bagi teman-teman yang belum membaca artikel vektor, bisa dibuka artikelnya di sini. Berbeda dengan vektor, komponen skalar adalah komponen yang memiliki besaran namun tidak memiliki arah. Skalar dan vektor keduanya penting dalam Grasshopper.
Continue reading G011 – Kelompok Komponen Skalar dalam Grasshopper

Posted on Leave a comment

Grasshopper G010 – Data dan Manajemen Data (Part 1)

Tipe-Tipe Data dalam Grasshopper

Data adalah informasi yang tersimpan, baik berupa angka, fungsi, grafik, kata-kata, maupun gambar. Parameter adalah jenis data yang mempengaruhi kinerja sebuah definisi. Misalnya, Parameter yang mempengaruhi persegi panjang adalah parameter ‘panjang’ dan ‘lebar’. Nilai panjang dan lebar tersebut adalah datanya.

Data dalam grasshopper terbagi ke dalam dua jenis, yaitu: data volatil dan data persistent. Data volatil adalah data yang diperoleh dari satu atau dua parameter, dan dapat dihilangkan apabila diperoleh solusi lain dari sebuah proses. Sementara itu, data persistent adalah data spesifik yang ditetapkan oleh pengguna.

Misalnya, data yang kita gunakan adalah [number slider] yang tersambung dengan beberapa operasi matematika lalu kita menutupnya dengan syarat bahwa angka yang diambil harus ‘ganjil’, maka data berupa angka genap akan terhapus. Angka-angka pada proses matematika ini disebut data volatil. Sebaliknya apabila kita membuat data dengan [panel] dan mengetik pada panel tersebut satu angka tertentu, misalnya 6, angka 6 itu bisa disebut data persistent.

Pewarisan Data Volatil

Data yang tersimpan dalam Parameters (baik data volatil maupun data persistent) akan digunakan untuk operasional Component. Dalam grasshopper, Component harus dihubungkan dengan Parameternya untuk bisa bekerja. Contohnya, kita akan membuat sebuah grid yang terdiri dari titik-titik. Component yang bisa kita gunakan adalah [Pt Grid] dan parameter yang dibutuhkan agar komponen ini bisa bekerja di antaranya [Range] atau [Number Slider].

Setelah membuat grid dalam bentuk titik, misalnya, kita akan menghubungkan setiap titik baris pertama ke baris kedua menjadi kumpulan garis. Maka kita bisa menggunakan komponen [Line]. Sebelumnya kita bisa membuat pengelompokan data terlebih dahulu, misal titik-titik pada baris pertama disebut Set A, dan titik- titik pada baris kedua disebut Set B. Set A dan Set B lalu dihubungkan dengan komponen [Line] sebagai titik awal dan titik akhir dari kesemua garis. Pembagian data titik-titik menjadi set A dan set B adalah contoh manajemen data.

Dari sini kita akan bisa membahas lebih lanjut terkait cara mencocokan data (data matching). Sekurang-kurangnya ada tiga algoritma yang bisa digunakan, yaitu ’the shortest list’, ‘the longest list’, dan ‘the cross reference’.

Apabila kita menggunakan component [Graft], kita bisa membuat penggandaan data dan juga percabangan data. Misalnya kita bisa membuat data berlipat dari satu set sejumlah N menjadi satu set berjumlah N ditambah satu set berjumlah 2N.

Bersambung ke Part 2

Posted on Leave a comment

Thermistor, Komponen Kecil yang Berpengaruh Besar

Kita sering melewatkan begitu banyak benda yang sederhana tapi berguna di sekitar kita, begitu pula kita sering melewatkan benda-benda kecil tapi ekstra penting dalam 3d Printer. Salah satunya adalah thermistor. Thermistor adalah singkatan dari thermal resistor. Sebuah sensor temperature seperti ujung thermometer yang terhubung dengan kabel menuju mainboard. Sensor ini menjadi kunci apakah pemanas pada Hot End dan Hot Bed keduanya bisa bekerja dengan efisien.
Continue reading Thermistor, Komponen Kecil yang Berpengaruh Besar

Posted on Leave a comment

Material M020 – Epoxy vs Polyurethane

Begitu banyak produk di sekitar kita yang terbuat dari epoxy resin. Juga, begitu banyak produk di sekitar kita yang terbuat dari polyurethane. Keduanya termasuk bahan komoditas yang sangat diperlukan dalam dunia industri. Misalnya digunakan dalam Spandex, Karet Sepatu, Seal, Kerajinan, dan Coating. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, namun manakah yang kita pilih untuk aplikasi kreasi kita?
Continue reading Material M020 – Epoxy vs Polyurethane

Posted on Leave a comment

Memperbaiki distorsi bentuk 3D Print pada aksis X dan Y

Hal yang paling membutuhkan ketelatenan dan kesabaran dalam 3D Printing adalah meningkatkan kualitas print hingga mendekati sempurna. Ada banyak faktor yang bisa menentukan kualitas print. Misalnya, layer height, flow rate, fan speed, printing speed, retraction, resolution, deviation, filament humidity, extruder spring tightness, software slicer yang digunakan, line width / extrusion width, nozzle diameter, nodes pada file objek, dan masih banyak lagi.
Continue reading Memperbaiki distorsi bentuk 3D Print pada aksis X dan Y

Posted on Leave a comment

Seri Urban Garden: Menanam Melon di Kawasan Urban

Tanaman melon bukanlah tanaman asli Indonesia, namun bisa dibudidayakan di Indonesia. Bahkan, sudah ada banyak petani melon di Indonesia sehingga kita pun bisa menikmati melon hampir sepanjang tahun. Tanaman ini bisa tahan di dataran tinggi maupun dataran rendah, memerlukan sinar matahari langsung sepanjang hari, dan membutuhkan penyiraman setiap hari. Tanaman melon bisa juga ditumbuhkan di pekarangan rumah, di teras, ataupun balkon. Akan tetapi, tanaman ini sangat rentan terkena berbagai penyakit dan hama, terutama apabila diguyur hujan lebat sepanjang hari terus menerus. Oleh karena itu penanaman di musim hujan sangat membutuhkan banyak perawatan, memerlukan parit irigasi, atau memerlukan bedengan. Penanaman dalam rumah kaca lebih membantu di musim hujan. Rekomendasi penanaman melon adalah di musim panas atau musim kemarau, dengan pengairan yang cukup.
Continue reading Seri Urban Garden: Menanam Melon di Kawasan Urban

Posted on Leave a comment

Cara Update Firmware Marlin 2.0 untuk 3D Printer Anet A8 atau Ender 3

Firmware bawaan Anet A8 memiliki beberapa kelemahan. Di antaranya, kurangnya proteksi saat terjadi overheat komponen, mulai dari bed, heater, connector, hingga power supply. Oleh karena itu, banyak pengguna Anet A8 menyarankan migrasi dari firmware bawaan pabrik ke firmware lain seperti Skynet dan Marlin. Marlin adalah firmware untuk berbagai mesin CNC, 3D Printing, Laser dan rangkaian motorik lainnya yang bisa di-download langsung melalui web github. Firmware ini cukup populer di kalangan para Makers. Selama beberapa tahun ke belakang, berbagai firmware seperti Marlin terus mengalami perbaikan.
Continue reading Cara Update Firmware Marlin 2.0 untuk 3D Printer Anet A8 atau Ender 3