Posted on Leave a comment

Solusi Keyboard Error (Salah Huruf) karena Malware, Lenovo

Apakah teman-teman pernah mengalami keyboard error sehingga huruf yang tertekan saat memencet tombol keyboard tertentu bukan huruf yang seharusnya? Misal saat mengetik [spacebar] yang muncul justru [/bn] atau saat mengetik [enter] yang muncul [zxc]. Sangat mengganggu pekerjaan bukan? Bila hal itu terjadi, jangan buru-buru membeli keyboard baru! Bisa jadi penyebabnya bukan pada kerusakan hardware melainkan pada software dan pengaturan komputer Anda. Terdapat beberapa cara untuk memperbaikinya. Jika cara yang satu belum berhasil, cobalah cara lainnya.
Continue reading Solusi Keyboard Error (Salah Huruf) karena Malware, Lenovo

Posted on Leave a comment

Mindful Journaling: Mari Membuat Jurnal yang Efektif dan Penuh Manfaat

Dunia seni dan kerajinan kini termasuk industri yang sedang booming. Terutama terbantu sekali oleh keberadaan platform seperti instagram, youtube, etsy, moselo, dan aneka sosial media. Instagram, sebagai platform yang sangat memanjakan indra visual pengguna, telah menjadi media yang kondusif untuk mempromosikan segala sesuatu yang memiliki nilai estetika. Namun, di tengah pertumbuhan seni dan kerajinan ini, anak-anak muda (dan yang tidak muda) bisa terjebak dalam mengejar hal-hal yang kurang berarti (pursuit of meaninglessness) seperti trend dan popularitas. Persis seperti bagaimana dulu anak muda terjebak dalam kilaunya dunia musisi, game, entertainment, dan selebriti. Bukan berarti mengasah keterampilan dan sense artistik adalah sesuatu yang tidak terpuji, atau termasuk kebiasaan buruk, bukan. Tentu dalam batas-batas halal dan thayib mencintai keindahan adalah baik. Namun, seperti halnya konsumerisme yang berlebihan, terlalu larut dalam pursuit of art and craft juga bisa berujung pada kecenderungan mengoleksi barang-barang, over-doing, over-editing, over-decorating, dan mengalihkan energi anak muda dari tugas lain yang lebih sulit.

Continue reading Mindful Journaling: Mari Membuat Jurnal yang Efektif dan Penuh Manfaat

Posted on Leave a comment

2021: Beyond Expectation

Bismillah,
Selamat pagi Sobat Makers!

Diyfab bersyukur sekali atas pencapaian tahun 2020 lalu, walaupun penuh dengan turbulensi di tengah terjangan Pandemi. Semua itu tidak dapat tercapai tanpa karunia Allah swt, kemudian juga dengan dukungan dari Sobat Makers sekalian, karenanya kami sangat berterima kasih. Kami berharap sobat makers sekalian berhasil mencapai target-target 2020 yang telah lalu, serta siap menembus target baru di tahun 2021. Tentu kita semua prihatin dengan terjangan pandemi yang mempengaruhi kehidupan kita semua. Namun, kita harus tetap kreatif, tetap positif, dan terus mencari solusi untuk menghadapi perubahan-perubahan yang terjadi.

DIY atau Do It Yourself, adalah salah satu skill penting yang bisa meningkatkan adaptability sobat makers di berbagai situasi. Betapa kita semua anak-anak muda, moms n pops muda, telah meninggalkan skill-skill penting yang dulu merupakan skill mendasar yang harus dimiliki oleh para orang tua kita. Berapa banyak di antara kita yang familiar dengan penggunaan alat pertukangan, tali-temali, pertolongan pertama, food perservation, dissaster relief, dan terutama skill untuk merawat dan memperbaiki aneka produk yang kita punya mulai dari pakaian, perkakas, furniture, hingga peralatan elektronik? Dalam situasi ekonomi yang penuh tantangan ini, skill DIY juga bisa membantu sobat makers semua dalam melakukan efisiensi baik waktu dan/atau finansial, tergantung yang mana dalam prioritas kita yang perlu dihemat. Bahkan, bila kita serius mempelajari sebuah skill, kita bisa mempergunakan skill itu untuk menyelesaikan masalah. Anything is possible.
Continue reading 2021: Beyond Expectation

Posted on

Material M015 – Bio-Cement, Bio-Grout, dan Bio-Aggregate; Perjalanan Mencari Alternatif Bahan Bangunan Ramah Lingkungan

Hunian adalah kebutuhan primer manusia. Kita bisa menduga, bahwa material penyusun hunian adalah salah satu bentuk ‘engineering’ perintis yang dibuat manusia. Seiring kesadaran dan kepedulian manusia terhadap kelestarian lingkungan, muncul penelitian dan eksperimen rekayasa untuk menghasilkan bahan bangunan yang sesedikit mungkin memberikan dampak negatif kepada lingkungan. Salah satu jalur penelitian ini membawa kita pada istilah “Biomaterial”. Istilah ini berkembang terutama di dunia medis, dalam rangka menghasilkan bahan-bahan implant, obat, dan scaffold jaringan yang tidak membahayakan tubuh. Namun istilah ini juga berkembang ke bidang-bidang lainnya, termasuk dunia konstruksi.

Continue reading Material M015 – Bio-Cement, Bio-Grout, dan Bio-Aggregate; Perjalanan Mencari Alternatif Bahan Bangunan Ramah Lingkungan
Posted on

5 Website Halal-Art dan Halal-Design yang Paling Menginspirasi

Bagi pecinta komposisi dan geometri, dunia seni peninggalan Islam adalah suatu khazanah yang memukau. Keindahan geometri-geometri islam yang bersambung satu sama lain, yang tersusun dari hirarki-hirarki matematis dan pecahan-pecahan surgawi bagaikan keindahan yang tak putus-putus. MasyaAllah.

Sebagai seorang muslim, tentunya dunia sebebas dunia seni pun memiliki batas-batas tertentu, yakni batas halal dan haram. Tidak semua karya seni itu halal. Karya seni yang memuat gambar makhluk bernyawa, contohnya, adalah seni yang dibenci Rasulullah SAW, yang sangat mengganggu beliau ketika beliau hendak shalat. Karya seni yang berisi kata-kata syirik, kata kasar, dan kata-kata jorok juga sangat dibenci dan sangat dilarang. Begitupula karya seni yang mempromosikan dukungan kepada yang memusuhi ataupun mengabaikan ajaran Islam, seperti mempromosikan busana yang tidak menutup aurat, mempromosikan gaya hidup non-muslim, makanan-minuman haram, dan sebagainya.

Continue reading 5 Website Halal-Art dan Halal-Design yang Paling Menginspirasi
Posted on

Strategi Retrofit (Pasca-Konstruksi) untuk Mengatasi Panasnya Dinding Barat dan Utara

Kita yang berada di bawah garis khatulistiwa tentunya sadar bahwa sumber panas terbesar kita, matahari, sangat dominan dari arah Barat dan Utara. Biasanya dinding di sisi Barat dan Utara pada siang hari akan mulai terasa hangat, kemudian semakin hangat di sore hari, dan tetap hangat di malam hari sebelum menjadi dingin di pagi harinya. Fenomena semacam ini bisa diperhatikan di banyak rumah tinggal, gedung sekolah, perkantoran, masjid, dan bangunan komersial, terutama bila kesemua bangunan tersebut dibangun dengan bahan bata dan beton. Tentunya di daerah-daerah panas, kita mengharapkan bangunan kita memiliki temperatur yang sejuk agar dapat digunakan untuk beristirahat baik di siang hari maupun di malam hari. Panas berlebih yang dipancarkan dinding justru akan sangat mengganggu. Sebaliknya di daerah dingin, panas yang tersimpan dalam dinding dapat dimanfaatkan sebagai pemanas alami sesuai kebutuhan kenyamanan di daerah tersebut.

Continue reading Strategi Retrofit (Pasca-Konstruksi) untuk Mengatasi Panasnya Dinding Barat dan Utara
Posted on

Material M014 – Tegel

Setelah sebelumnya kita membahas mengenai terrazzo sebagai material yang dapat digunakan untuk melapis lantai, dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai tegel. Apa sih, tegel itu, dan apa ya bedanya dengan keramik? Katanya tegel itu material yang cocok digunakan di negara beriklim tropis, loh. Apa ya, kelebihannya? Kita cari tahu bersama-sama, ya.

Continue reading Material M014 – Tegel

Posted on

Material M013 – Terrazzo

Belakangan ini, terrazzo kembali populer sebagai material dalam dunia arsitektur. Material ini merupakan produk turunan dari mosaik marmer yang digunakan di Venice, Italia, di abad ke-16 sebagai material lantai di istana maupun di rumah-rumah. Melalui artikel ini, kita akan membahas mengenai sejarah terrazzo, cara pemasangan, hingga kelebihan dari material ini.

Continue reading Material M013 – Terrazzo

Posted on

G009 – Voronoi

Produk yang dihasilkan dari manipulasi voronoi umumnya menarik perhatian. Bentuk yang unik bisa diperoleh secara instan, sehingga para peminat Grasshopper akan meluangkan waktu setidaknya sekali dalam hidupnya untuk mencoba komponen ini. Sekali mencoba, diikuti dengan berkali-kali latihan dan ribuan kali produksi. Apakah sobat makers sekalian pernah mendapat Voronoi Overdose Warning dari Grasshopper? Ha! Congrats ‘n welcome to the club!
Continue reading G009 – Voronoi